SISTEM REPRODUKSI PRIA

Kamis, 21 Januari 2010

Sistem reproduksi pria terdiri atas testis dan sekumpulan duktus dan kelenjar. Sperma diproduksi dalam testis dan ditranspor melalui saluran reproduksi, yaitu: epididimis, duktus deferens, duktus ejakulatorius, dan uretra. Kelenjar reproduksi menghasilkan sekret yang menjadi bagian semen, yaitu cairan yang diejakulasi dari uretra. Kelenjar-kelenjar ini antara lain vesikula seminalis, prostat, dan bulbouretralis.

Organ reproduksi dalam pria terdiri dari testis, saluran pengeluaran dan kelenjar asesoris. Sedangkan organ reproduksi luar pria terdiri dari penis dan skrotum.

Testis
Testis terletak didalam skrotum, kantong pada kulit di antara paha atas. Fungsi testis secara umum adalah memproduksi sperma dan hormon testosteron. Masing-masing testis didalamnya terbagi menjadi dua lobus. Masing-masing lobus berisi tubulus seminiferus, tempat spermatogenesis berlangsung. Di antara spermatogonia, terdapat sel-sel sustentakular (sertoli) yang memproduksi hormon inhibin yang distimulasi oleh testosteron. Di antara tubulus seminiferus terdapat sel-sel interstisial yang menghasilkan testosteron ketika distimulasi oleh luteinizing hormone (LH) dari kelenjar hipofisis anterior. Selain berperan dalam pematangan sperma, testosteron juga bertanggung jawab untuk karateristik kelamin sekunder pria, yang mulai berkembang pada saat pubertas.

Sebuah sperma terdiri atas beberapa bagian. Kepala sperma berisi 23 kromosom. Pada ujung kepalanya terdapat akrosom yang berisi enzim untuk mencerna membran sel telur. Pada bagian tengah terdapat mitokondria, yang memproduksi ATP. Flagelum memungkinkan motilitas pada sel sperma yaitu kemampuan sperma untuk bergerak.

Sperma dari tubulus seminiferus memasuki jaringan tubular, yang disebut rete testis, kemudian masuk ke epididimis yang merupakan saluran reproduksi pertama.

Epididimis
Epididimis adalah pipa dengan panjang 6 meter, yang berliku-liku pada permukaan posterior masing-masing testis serta terdiri dari kepala/kaput yang terletak di atas kutup testis, badan dan ekor apididimis sebagian ditutupi oleh lapisan viseral, lapisan ini pada mediastinum menjadi lapisan parietal. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara sperma sampai sperma menjadi matang dan bergerak menuju vas deferens. Dalam epididimis, sperma mengalami maturasi lengkap dan flagelnya mulai berfungsi. Otot polos pada dinding epididimis akan menggerakkan sperma, masuk ke dalam duktus deferens.

Duktus Deferens
Disebut juga vas deferens, yang berfungsi sebagai saluran tempat jalannya sperma dari epididimis menuju vesikula seminalis. Duktus deferens memanjang dari epididimis dalam skrotum pada masing-masing sisinya ke dalam rongga abdomen melalui kanalis inguinalis. Saluran ini merupakan muara pada dinding abdomen untuk funikulus spermatikus, yaitu selubung jaringan ikat yang mengandung duktus deferens, pembuluh darah, dan saraf. Karena kanalis inguinalis merupakan muara pada dinding muskular.

Duktus Ejakulatorius
Duktus Ejakulatorius menerima sperma dari duktus deferens dan sekresi vesikula seminalis disisinya. Kedua duktus ejakulatorius bermuara ke dalam uretra.

Vesikula Seminalis
Sepasang vesikula seminalis terdapat pada bagian posterior vesika urinaria. Sekresinya mengandung fruktosa yang menjadi sumber energi bagi sperma dan membuat suasana tetap basa untuk meningkatkan motilitas sperma. Saluran pada masing-masing vesikula seminalis bersatu dengan duktus deferens pada sisinya untuk membentuk duktus ejakulatorius.

Prostat
Merupakan suatu kelenjar otot yang terletak dibawah vesika urinaria serta menghasilkan getah yang mengandung kolesterol, garam dan fosfolipid yang berperan untuk kelangsungan hidup sperma. Kelenjar prostat terdiri dari 4 lobus,yaitu:

1. Lobus posterior
2. Lobus lateral
3. Lobus anterior
4. Lobus medial

Kelenjar prostat mengelilingi satu inci pertama uretra yang muncul dari vesika urinaria. Jaringan kelenjar prostat mensekresi cairan basa yang membantu untuk mempertahankan motilitas sperma. Otot polos pada kelenjar prostat berkontraksi selama ejakulasi untuk turut berperan dalam pengeluaran semen dari uretra.

Glandula Bulbouretralis
Disebut juga glandula cowper, glandula bulbouretralis terletak di bawah prostat dan bermuara kedalam uretra. Sekresinya yang bersifat basa akan menyelimuti bagian dalam uretra sesaat sebelum ejakulasi, yang akan menetralisasi keasaman urine yang mungkin keluar.

Uretra-Penis
Uretra merupakan saluran akhir yang akan dilalui oleh semen dan memiliki bagian terpanjang yang tertutup oleh penis. Uretra berfungsi sebagai saluran kelamin yang berasal dari vesikula seminalis dan juga sebagai saluran untuk membuang urine dari kandung kemih. Penis adalah organ genitalia eksternal, bagian distalnya disebut glans penis dan ditutupi lapisan kulit yang disebut preputium atau kulup. Sirkumsisi adalah suatu tindakan pembedahan untuk membuang kulup.

Didalam penis terdapat tiga massa jaringan kavernosa (erektil). Masing-masing terdiri atas serangkaian otot polos dan jaringan ikat yang berisi sinus-sinus darah yang lebar dan tidak teratur.

Semen
Semen terdiri atas sperma dan sekresi vesikula seminalis, prostat dan glandula bulbouretralis. Rata-rata PH-nya adalah 7,4. Selama ejakulasi, sekitar 2-4 ml semen dikeluarkan. Setiap milliliter semen mengandung seratus juta sel sperma.

Spermatogenesis
Spermatogenesis terjadi di tubulus seminiferus selama masa seksual aktif akibat stimulasi oleh hormon gonadotropin hipofisis anterior, yang dimulai rata-rata pada umur 13 tahun dan terus berlanjut hampir di seluruh sisa kehidupan, namun sangat menurun pada usia tua.

Proses pembentukan sperma (spermatogenesis) membutuhkan suhu yang stabil, beberapa derajat lebih rendah daripada suhu tubuh. Keseluruhan waktu yang dibutuhkan dalam spermatogenesis dari sel-sel germinal sampai menjadi sperma adalah sekitar 75 hari. Semua tahap spermatogenesis terjadi karena adanya pengaruh sel-sel sertoli. Sel-sel sertoli akan menyediakan makanan dan mengatur proses spermatogenesis.

Pada tahap pertama spermatogenesis, spermatogonia berpindah di antara sel-sel sertoli menuju lumen sentral tubulus seminiferus. Sel-sel sertoli ini sangat besar, dengan pembungkus sitoplasma yang berlabihan yang mengelilingi spermatogonia yang sedang berkembang sampai menuju bagian tengah lumen tubulus.

Spermatogonia yang melewati lapisan pertahanan masuk ke dalam lapisan sel sertoli akan dimodifikasi secara berangsur-angsur dan membesar untuk membentuk spermatosit primer yang besar. Setiap spermatosit tersebut, selanjutnya mengalami pembelahan mitosis untuk membentuk dua spermatosit sekunder. Setelah beberapa hari, spermatosit sekunder ini juga membelah menjadi spermatid yang akhirnya menjadi spermatozoa (sperma).

Selama masa pergantian dari tahap spermatosit ke tahap spermatid, 46 kromosom spermatozoa dibagi sehingga 23 kromosom diberikan ke satu spermatid dan 23 lainnya ke spermatid yang kedua.

Stuktur sperma terdiri dari kepala, leher dan ekor. Pada bagian membran permukaan di ujung kepala sperma terdapat selubung tebal yang disebut akrosom. Akrosom mengandung enzim hialuronidase dan proteinase yang berfungsi untuk menembus lapisan pelindung ovum. Pada leher sperma terdapat mitokondria spiral yang berfungsi menyediakan energi untuk gerak ekor sperma.

Sperma bergerak dari tubulus seminiferus menuju epididimis, dan tinggal disini sekitar tiga minggu sampai sperma matang. Selanjutnya sperma memasuki saluran vas deferens hingga ujung saluran dan bercampur dengan vesika seminalis, kelenjar prostat, dan kelenjar cowper. Sperma yang telah bercampur dengan sekret tersebut dinamakan semen. Selanjutnya, semen keluar dari ujung vas deferens, menuju saluran ejakulatorius dan uretra yang juga merupakan saluran kencing. Keluarnya semen dari dalam tubuh disebut ejakulasi. Sebelum ejakulasi, biasanya kondisi penis menegang. Keadaan seperti ini dinamakan ereksi. Saat ejakulasi, tempat keluar urine tertutup otot disekitarnya sehingga semen dan urine tidak tercampur.

Aktifitas Seksual Pria
Rangsangan akhir organ sensorik dan sensasi seksual menjalar melalui saraf pudendu. Melalui pleksus sakralis dari medula spinalis membantu rangsangan aksi seksual yang mengirim sinyal ke medula yang meningkatkan sensasi seksual yang berasal dari dalam. Akibat dari dorongan seksual akan mengisi organ seksual dengan merangsang mukosa uretra.

Unsur psikis rangsangan seksual. Sesuai dengan meningkatnya kemampuan seseorang untuk melakukan kegiatan seksual dengan memikirkan atau berkhayal menyebabkan terjadi aksi seksual sehingga menimbulkan ejakulasi atau pengeluaran selama mimpi terutama usia remaja.
Aksi seksual pada medula spinalis. Fungsi otak tidak terlalu penting karena rangsangan genital menyebabkan ejakulasi dihasilkan dari mekanisme refleks yang sudah terintegrasi pada medula spinalis lumbalis. Mekanisme ini dapat dirangsang secara psikis dan seksual yang nyata serta kombinasi keduanya.

Pengaturan Fungsi Seksual Pria
Proses spermatogenesis distimulasi oleh sejumlah hormon, seperti: testosteron, LH, FSH, estrogen, dan hormon pertumbuhan. Pelepasan hormon gonadotropin (GnRH) oleh hipotalamus merangsang kelenjar hipofisis anterior untuk menyekresi LH, hormon perangsang LH, dan FSH. Hipotalamus melepaskan GnRH yang di angkut ke kelenjar hipotalamus anterior dalam merangsang pelepasan LH dan FSH darah porta. Perangsangan hormon ini ditentukan oleh frekuensi dari siklus sekresi dan jumlah GnRH yang dilepaskan setiap siklus. Sekresi LH mengikuti pelepasan GnRH dan sekresi FSH berubah lebih lambat sebagai respon perubahan jangka panjang GnRH.

22 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat bergunaaa...tq

Anonim mengatakan...

'lil bit help, thanks.

Anonim mengatakan...

Tq bnget

Anonim mengatakan...

Thanks for another fantastic post. The place else could
anyone get that kind of info in such an ideal way of writing?
I have a presentation subsequent week, and I'm on the search for such information.

My site - Evgeni Malkin Black Jersey

Anonim mengatakan...

It's in point of fact a great and helpful piece of info. I am satisfied that you simply shared this useful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

Feel free to visit my web site - Sidney Crosby Authentic Jersey

Anonim mengatakan...

My spouse and I stumbled over here coming from a different page and thought I may as well check things out.
I like what I see so i am just following you.
Look forward to checking out your web page again.



my web page Abercrombie

Anonim mengatakan...

Woah! I'm really digging the template/theme of this website. It's simple, yet effective.
A lot of times it's very hard to get that "perfect balance" between usability and visual appearance. I must say you've done a excellent job with this.
In addition, the blog loads very fast for me
on Safari. Exceptional Blog!

my web site: Read Full Article

Anonim mengatakan...

It's very trouble-free to find out any topic on net as compared to books, as I found this post at this website.

Feel free to surf to my blog; Louis Vuitton Bags

Anonim mengatakan...

I don't drop many responses, but I browsed a few of the remarks on "SISTEM REPRODUKSI PRIA". I actually do have a couple of questions for you if you do not mind. Could it be simply me or do a few of these responses appear like they are coming from brain dead people? :-P And, if you are posting on additional sites, I'd like to keep
up with everything fresh you have to post. Would you
make a list of every one of all your social community sites like your twitter feed, Facebook
page or linkedin profile?

Feel free to surf to my web-site: NFL Jerseys Cheap

Anonim mengatakan...

Have you ever thought about writing an ebook or guest
authoring on other blogs? I have a blog based on the same
information you discuss and would love to have you share some stories/information.
I know my visitors would value your work.
If you're even remotely interested, feel free to shoot me an e mail.

Feel free to visit my site :: Chaussure Air Max

Anonim mengatakan...

Hi! I could have sworn I've been to this website before but after checking through some of the post I realized it's new to me.
Anyways, I'm definitely happy I found it and I'll be bookmarking and checking back frequently!


Also visit my homepage; Air Jordan

Anonim mengatakan...

I every time emailed this webpage post page to all my contacts, as if like to read it after that my
contacts will too.

Also visit my blog post; Louis Vuitton Outlet

Anonim mengatakan...

Hello there! Do you know if they make any plugins
to assist with SEO? I'm trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I'm not
seeing very good success. If you know of any please share.
Cheers!

Check out my site; Louis Vuitton Bags

Anonim mengatakan...

I blog quite often and I truly appreciate your information.
This great article has really peaked my interest.
I will book mark your website and keep checking for new
details about once per week. I opted in for your RSS feed too.



Have a look at my web page; Abercrombie & Fitch

Anonim mengatakan...

Exceptional post but I was wondering if you could write a litte more on this topic?

I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Thank you!

Feel free to surf to my weblog; Christian Louboutin UK (ngosummit.com)

Anonim mengatakan...

Thanks for the marvelous posting! I truly enjoyed reading it,
you happen to be a great author. I will remember to bookmark your blog and will come
back at some point. I want to encourage yourself to continue your great job, have a nice afternoon!


My blog post: Air Max 1

Anonim mengatakan...

Good post but I was wanting to know if you could write a litte more on this subject?
I'd be very grateful if you could elaborate a little bit further. Kudos!

Visit my web page; Christian Louboutin Heels

Anonim mengatakan...

Greetings from Colorado! I'm bored to tears at work so I decided to browse your website on my iphone during lunch break. I love the information you present here and can't wait to take a look when I get home.
I'm amazed at how fast your blog loaded on my phone .. I'm
not even using WIFI, just 3G .. Anyways, very good blog!


Here is my website - Louis Vuitton Bags

Anonim mengatakan...

Everyone loves what you guys are usually up too.
This type of clever work and coverage! Keep up the fantastic works guys I've included you guys to my own blogroll.

Here is my web page - Abercrombie Paris

Anonim mengatakan...

Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further post thank you once again.



Also visit my web blog: Wholesael NFL Jerseys

Anonim mengatakan...

I'm not sure exactly why but this web site is loading incredibly slow for me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end? I'll check back later on and see if the problem still exists.


My weblog: Michael Kors Outlet

Anonim mengatakan...

This post is really a good one it helps new internet viewers, who are wishing in favor of blogging.


Feel free to visit my web blog; Sac Guess Pas Cher **

Posting Komentar

Tinggalkan Kritik dan Saran yahh :)